Ajahn Brahm

Ajahn Brahmavamso Mahathera (akrab dipanggil Ajahn Brahm) terlahir sebagai Peters Betts di London, Inggris, pada tanggal Augstus 7, 1951. Setelah tamat dari Universitas Cambridge pada akhir 1960-an, ia berkunjung ke Thailand dan menjadi bhikkhu dibawah asuhan Ajahn Chah Bodhinyana Mahathera.

 
Ajahn Brahm kemudian pindah ke Perth, Australia atas undangan Buddhist Society of Western Australia untuk membantu Ajahn Jagaro dalam mengajar. Pada 1983, mereka mendirikan Biara Bodhinyana yang menjadi biara Buddhis pertama di belahan Selatan dan komunitas Bhikkhu Theravada terbesar di Australia.
Ajahn Brahm menjadi kepala biara pada tahun 1994 menggantikan Ajahn Jagaro yang mengambil cuti panjang dan kemudian melepas jubah. Sejak itu juga, Ajahn Brahm sering diundang untuk memberikan ceramah dan ajarannya yang penuh humor dan menyegarkan di Australia dan Asia Tenggara. Beliau adalah pembicara pada Pertemuan Buddhis International di Phnom Penh pada 2002, dan pada empat konferensi Buddhisme tingkat internasional. Semua penghargaan itu tidaklah menghentikan dedikasi waktu dan perhatiannya pada insan yang sakit dan mendekati ajal, dalam penjara atau sakit kanker, orang yang ingin belajar meditasi, dan tentu saja para anggota Sanghanya di Bodhinyana.
Dewasa ini Ajahn Brahm adalah kepala Biara Bodhinyana di Serpentine, Western Australia; Direktur Spiritual pada Buddhist Society of Western Australia; Penasehat Spiritual di Buddhist Society of Victoria dan di Buddhist Society of South Australia; Pelindung Spiritual di Buddhist Fellowship di Singapura; dan bekerja sama dengan bhikkhu dan bhikkhuni dari semua aliran untuk mendirikan Asosiasi Sangha Australia.
Pada bulan Oktober 2004, Ajahn Brahm dianugerahi medali John Curtin oleh Universitas Curtin atas visi, kepemimpinan, dan pelayanannya kepada masyarakat Australia.
Ajahn Brahm juga telah menerbitkan dua buku, “Opening the Door of Your Heart” (edisi bahasa Indonenesia: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya) dan “Mindfulness, Bliss, and Beyond: A Meditator’s Handbook”.
Dicuplik dan diterjemahkan dari www.ajahnbrahm.org