Abdurrachman Surjomihardjo

 Lulusan dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan Sejarah ini pernah menjabat sebagai Ahli Peneliti/Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Masyarakat, Lem-baga Ekonomi dan Kemasyarakatan Nasional (LEKNAS), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ia juga pernah menjadi guru Taman Siswa Jakarta dan pengajar FSUI untuk mata kuliah Sejarah Pergerakan Nasional dan Historiografi.

Dalam bidang organisasi dan ilmu pengetahuan, ia pernah menjadi Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Jakarta, anggota Pengurus Pusat Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIS), anggota Pengurus Yayasan Gedung-gedung Bersejarah Jakarta, anggota Panitia Pengarah Proyek Sejarah Lisan Arsip Nasional RI dan Konsultan pada Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya, Ditjen Kebudayaan Departemen P dan K. Karya tulisnya tersebar dalam berbagai majalah dan suratkabar dan ditampilkan dalam berbagai seminar dan lokakarya di dalam maupun luar negeri.

Buku-buku karangannya yang telah terbit: Beberapa Segi Sejarah Masyarakat Budaya Jakarta (Editor dan penulis karangan bersama, 1975), Pemekaran Kota/The Growth of Jakarta (1977), Lintasan Sejarah PWI (bersama Soebagijo I.N. dan P. Swantoro, 1977), Pembinaan Bangsa dan Masalah Historiografi (1978) dan Budi Utomo Cabang Betawi (1973).