Ajahn Sumedho

Ajahn Sumedho lahir di Seattle, Washington pada tahun 1934 dengan nama asli Robert Jackman.  Setelah mengabdi sebagai tenaga medis pada Angkatan Laut AS pada perang Korea selama empat tahun, beliau menyelesaikan gelar BA jurusan Studi Timur Jauh dan MA jurusan Studi Asia Selatan (1963). Pada tahun 1966,diupasampada sebagai samanera di Wat Sri Saket, Nong Khai, dan sebagai bhikkhu pada Mei 1967.

Setelah menjalani pertapaan menyendiri selama setahun, beliau sadar akan perlunya bimbingan aktif seorang guru. Ajahn Sumedho kemudia bertemu dengan seorang bhikkhu yang membawanya ke provinsi Ubon untuk belajar pada Ajahn Chah.  Ajahn Chah menjadi guru pembimbingnya selama sepuluh tahun, 1967-1977.

Pada tahun 1975, Ajahn Sumedho mendirikan Wat Pah Nanachat, Biara Hutan Internasional di Provinsi Ubon, Thailand yang memberi pelatihan bhikkhu dalam bahasa Inggris.  Pada tahun 1977, beliau menyertai Ajahn Chah ke Inggris dan tinggal di Vihara Hamstead.

Ajahn Sumedho diangkat sebagai Upachaya pada tahun 1981.  Sejak itu, beliau telah memberikan upasampada kepada lebih dari seratus calon bhikkhu dari segala bangsa.  Ajahn Sumedho berperan besar atas terbentuknya ordo Sangha Hutan di Inggris.  Beliau juga berperan penting dalam pendirian Biara Buddhis Chithurst tahun 1979 dan Biara Buddhis Amaravati pada tahun 1984. Dewasa ini Ajahn Chah adalah pemangku senior pada Biara Amaravati di Hertfordshire.

Ajahn Sumedho adalah murid orang Barat paling senior dari Ajahn Chah.  Ajahn Sumedho terkenal akan humor dan ajarannya yang mudah dicerna.  Ia adalah sosok pendiri ordo Sangha Hutan Thai di Inggris dan negara lainnya.

Buku-buku karangan Ajahn Sumedho: Teachings of a Buddhist Monk (ISBN 0-946672-23-7); The Mind and the Way: Buddhist Reflections of Life ((ISBN 0712672850).

-       Disadur dan diterjemahkan dari www.amaravati.org dan www.buddhanet.net